Cara Membuat Flasdishk menjadi Bootable Windows 7

By Rinaldy Virgiawan S - 6:12 PM

Assalamualaikum wr. wb.


Banyak Utility yang bisa kita gunakan buat Bootable Windows 7 seperti Windows 7 USB Download tools, UNetbootin dll.. Namun masih ada Software yang lebih simple dalam membuat Fkashdisk menjadi Bootable Windows 7 yaitu Rufus. Software ini ukuran nya kecil dan juga kelebihan nya adalah Portable.

Rufus bersifat portable dan dapat dijalankan langsung tanpa harus di instal pada komputer. Rufus mendukung pembuatan bootable ISO untuk beberapa sistem operasi antara lain Arch Linux, Archbang, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot CD, Knoppix, Kubuntu, NT Password Registry Editor, OpenSUSE, Slackware, Tails, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows 7, Windows 8 Developer Preview, Windows Vista, dan sebagainya.

Rufus lebih cepat dan efisien dalam melakukan pembuatan bootable USB. Dalam benchmark, Rufus mampu bekerja 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan aplikasi pembuat USB lainnya seperti UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 USB download tool.

Rufus juga tidak hanya Windows saja yang bisa dibuat Bootable tetapi Linux juga bisa :)

ScreenShoot :






Langkah Langkah nya sebagai berikut :

  1. Pastikan USB flashdisk sudah terpasang di komputer anda, kemudian jalankan rufus_v1.1.3f.exe
  2. Pastikan anda mencentang bagian “Create a Bootable Disk Using”. Jika anda ingin membuat bootable USB Windows 7 atau versi lainnya, gunakan “ISO Images” sebagai sumbernya. Setelah itu klik tombol browse yang ada di sebelahnya. (lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya)
  3. Pilih file ISO yang anda inginkan dan klik “Open”.
  4. Klik start untuk mulai membuat flashdisk bootable.
  5. Selesai.
download Software nya disini

Terima Kasih, jangan lupa Lie dan Komentar nya yaaa :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Komentar yang baik baik yaa :)
Berikan Saran dan Kritik untuk blog ini ya, supaya blog ini tambah maju . .